media.tanjunglegend.com- Ciri-Ciri dan Gejala Virus Cacar Monyet 2022. Baru-baru ini telah ramai di perbincangkan di negara tetangga.
media.tanjunglegend.com- Ciri-Ciri dan Gejala Virus Cacar Monyet 2022. Baru-baru ini telah ramai di perbincangkan di negara tetangga.

Ciri-Ciri dan Gejala Virus Cacar Monyet 2022

Posted on

media.tanjunglegend.com- Ciri-Ciri dan Gejala Virus Cacar Monyet 2022. Baru-baru ini telah ramai di perbincangkan di negara tetangga mengenai, menyebarnya virus cacar monyet ke masyarakat.

Otoritas Australia melaporkan, adanya kasus monkeypox virus (MPXV). Atau cacar monyet di wilayah Melbourne. Penemuan ini menjadi yang pertama kali di Negeri Kanguru itu.

“Penumpang yang duduk di dekat pria itu, dalam penerbangan EY10 dari London ke Abu Dhabi. Pada 14 Mei dan penerbangan EY462 dari Abu Dhabi ke Melbourne, yang mendarat pada Senin.

Di hubungi untuk di peringatkan guna memantau gejalanya,” ujar laporan media Australia, 9News.au, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu, pihak berwenang di Negara Bagian New South Wales (NSW) juga menemukan indikasi seorang warga lain yang terpapar cacar monyet. Wilayah, yang mencakup kota Sydney, itu mengatakan bahwa warga itu sebelumnya tiba dari Eropa.

Virus Cacar Monyet

Kasus cacar monyet merupakan penyakit yang endemik di Afrika Tengah atau Barat. Namun akhir-akhir ini virus itu telah muncul di Inggris, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat (AS), Italia, Swedia, Prancis, dan Kanada.

Seperti namanya, virus berasal dari infeksi pada monyet. Di lansir dari laman CDC, virus merupakan bagian dari genus Orthopoxvirus Yang juga mewadahi virus serupa yakni variola (penyebab cacar), vaccinia (di gunakan dalam pembuatan vaksin) dan cacar sapi (cowpox virus).

Cacar menyerang monyet, pertama kali tahun 1958. Di laboratorium penelitian monyet di Kopenhagen, Denmark. Sementara itu, kasus cacar monyet pada manusia pertama kali di temukan pada 1970 di. Republik Demokratik Kongo.

Namun, Kepala Petugas Kesehatan Victoria Brett Sutton mengatakan bahwa virus ini tidak begitu menular layaknya Covid-19. Klaim serupa juga di perkuat dokter penyakit menular setempat.

Kasus yang di duga cacar monyet pertama di temukan ketika seorang pasien pria berusia 30 an tahun baru saja mengunjungi Inggris. Tempat di mana virus-virus baru tersebut di temukan.

Waspada Cacar Monyet

Departemen Kesehatan Negara Bagian Victoria mengatakan bahwa pria tersebut mendapatkan gejala pada 16 Mei lalu. Adapun saat ini, pria itu telah di isolasi dan pihak berwenang masih menyelidiki setiap orang yang berdekatan dengannya.

Kasus cacar monyet atau monkeypox semakin meluas ke berbagai negara. Sebagai antisipasi, berikut ciri-ciri dan penyebab cacar monyet.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi 80 kasus cacar monyet di 11 negara. Kasus cacar monyet antara lain sudah terkonfirmasi di Jerman, Prancis, Belgia, Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

WHO mengingatkan agar semua negara mewaspadai penularan dan penyebaran cacar monyet. Menurut WHO, kasus cacar monyet berpotensi menjadi serius.

Hal ini karena kasus cacar monyet terjadi di negara yang tidak endemic monkeypox. Cacar monyet adalah penyakit infeksi yang di sebabkan virus Orthopoxvirus dari keluarga Poxviridae.

Penyakit ini biasanya menyerang orang yang tinggal dekat dengan hutan hujan tropis. Namun, belakangan cacar monyet juga menyerang warga perkotaan. Hewan yang bisa jadi inang atau pembawa virus cacar monyet di antaranya tupai, tikus, dan primata sejenis monyet.

Ciri-cir Virus Cacar Monyet

Asal-usul cacar monyet Kasus cacar monyet yang menyerang manusia kali pertama di temukan menyerang anak laki-laki usia sembilan tahun di Republik Demokratik Kongo, pada 1970 silam.

Sejak itu, penyakit sejenis banyak menyerang warga yang tinggal di pedesaan sekitar hutan hujan di Kongo, wilayah Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Sierra Leone, dan Sudan Selatan.

Wabah cacar monyet berskala besar sempat menerjang Nigeria sejak 2017 lalu, dengan temuan kasus suspek di atas 500 orang, lebih dari 200 orang terkonfirmasi mengidap cacar monyet, dan tiga persen di antaranya meninggal dunia. Pada 2003, wabah cacar monyet kali pertama menjangkiti wilayah luar Afrika, yakni terjadi di AS.

Menurut ahli, penderita bisa tertular penyakit ini setelah kontak fisik dengan anjing yang terinfeksi cacar monyer. Dari hasil penyelidikan, hewan ini tertular dari hewan tikus berkantung gambia dan dormice yang diimpor dari Ghana.

Dari satu kasus tersebut, cacar monyet menyerang 70 penderita di AS. Pada medio 2018 sampai Mei 2022, penyakit ini juga di laporkan menyerang warga di Israel, Inggris, dan negara lainnya. Para ahli hingga kini sedang meneliti sumber infeksi dan pola penularan penyakit ini.

Ciri-ciri cacar monyet Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), gejala dan ciri-ciri cacar monyet mirip dengan gejala cacar lainnya, yakni:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Kelelahan
  • Sakit punggung
  • Kelenjar getah bening bengkak
  • Badan panas dingin
  • Muncul ruam dan bintik-bintik berisi cairan khas cacar air

Gejala dan ciri-ciri cacar monyet biasanya muncul selang seminggu sampai dua minggu setelah penderita terpapar virus penyebab cacar monter. Penderita bisa merasakan tanda penyakit di atas sekitar dua sampai empat minggu.

Penyakit cacar monyet bisa menular dari satu penderita ke penderita lain lewat kontak erat, terkena cipratan cairan dari saluran pernapasan, terkena luka cacar penderita, atau menyentuh benda yang terkontaminasi penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *