Cara Download IDM Internet Manager
Cara Download IDM Internet Manager

Cara Download IDM Internet Manager

Posted on

media.tanjunglegend.comCara Download IDM Internet Manager. Update (12/03/2019): 5 alternatif IDM untuk platform MacOS. Di jaman era internet yang seperti saat ini, unduh-mengunduh berkas dari internet sudah menjadi hal lumrah dan sudah menjadi bahan utama untuk mencari segala apa yang di perlukan.

Apapun jenis berkasnya, mulai dari audio, video, sampai dokumen, semua bisa dibagikan dan diunduh dengan mudah lewat berbagai layanan penyimpanan berbasis cloud.

Meski program browser sudah mempunyai pengelola unduhannya sendiri, kadangkala kalian membutuhkan penyortir berkas unduhan dan tambahan kecepatan unduh ekstra. Untuk melakukannya, salah satu program yang dapat di gunakan adalah Internet Download Manager atau IDM.

Baca juga: Mari Cari Tahu Tentang Jurusan Bisnis Digital Yang Trend Di Tahun 2022

Jika kalian ingin menggunakan Internet Download Manager (IDM), simak cara mengunduh dan info lain terkait IDM di artikel berikut.

Apa Saja fungsi Internet Download Manager (IDM)?

IDM. Foto: internetdownloadmanager.comInternet Download Manager (IDM) adalah aplikasi yang paling di cari untuk mereka yang ingin mengetahui cara meningkatkan kecepatan download berkas dari internet.

IDM dapat meningkatkan kecepatan unduhan hingga 5 kali lipat, dengan fitur-fitur tambahan yang akan membuat aktivitas unduh-mengunduh kalian makin mudah.

Berikut fitur-fiturnya:

  • Meningkatkan kecepatan download

IDM dapat meningkatkan kecepatan unduhan hingga 5 kali lipat berkat teknologi “intelligent dynamic file segmentation” yang membagi berkas menjadi beberapa bagian untuk di unduh secara individual.

Internet Download Manager melakukan pemecahan file yang di unduh secara dinamis selama proses unduhan dan menggunakan kembali koneksi yang tersedia, artinya kalian dapat pause unduhan yang sedang berjalan dan melanjutkannya kapanpun kalian inginkan.

  • Pengecekan berkas dari virus

IDM secara otomatis menjalankan pemindai virus tiap kali suatu berkas selesai di unduh, layaknya yang di lakukan program lain seperti AdAware, Avast, Spybot, AVG Anti-Virus, McAfee, Norton Internet Security, Norton 360, SpywareBlaster, CCleaner, dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya yang di unduh.

  • Download berkas sekali klik

Ketika kalian meng-klik tautan unduhan di browser, IDM akan mengambil alih proses unduhan dan mempercepatnya. IDM mendukung protokol HTTP, FTP, HTTPS dan MMS.

  • Antarmuka yang dapat dimodifikasi

Kalian dapat menyesuaikan urutan tombol dan kolom di tampilan utama IDM. Ada banyak pilihan skin yang dapat kalian pilih untuk toolbar dengan gaya tombol yang berbeda. Semua skin dapat di unduh dari situs web resmi IDM.

  • Atur jadwal unduhan

Internet Download Manager bisa disetel untuk terhubung ke Internet di waktu yang kalian tentukan, di tambah dengan perintah lain seperti mengunduh file hingga mematikan komputer ketika unduhan kalian sudah selesai.

Cara gratis mengunduh Internet Download Manager (IDM) untuk Windows
Untuk mulai mengunduh Internet Download Manager (IDM), kalian dapat mengunjungi situs resmi IDM pada tautan ini, kemudian klik tombol berwarna oranye dengan tulisan “Try Internet Download Manager for free”.

Kemudian, berkas IDM dalam format .exe akan di unduh, tunggu hingga proses unduhan berkas instalasi IDM selesai.

Baca juga: Mengenal Jurusan Terkait Bisnis Digital Mata Kuliah Dan Prospek Kerjanya

Setelah unduhan IDM .exe sudah selesai, klik berkas .exe tadi sebanyak dua kali untuk memulai instalasi.

IDM. Foto: internetdownloadmanager.com(Opsional) Jika kalian tidak menggunakan akun administrator, kalian perlu klik kanan > Run as administrator, tahap ini akan meminta password jika sebelumnya sudah di setel oleh pemilik akun administrator.

Proses instalasi akan di mulai; klik Next, setujui perjanjian lisensi, pilih direktori folder tempat IDM akan diinstral, kemudian tunggu proses instalasi.

IDM. Foto: internetdownloadmanager.comSelamat! Internet Download Manager (IDM) sudah terinstal dan siap digunakan segera.

Alternatif Internet Download Manager (IDM) untuk Apple MacOS

Berbicara soal program unduh-mengunduh, Internet Download Manager bisa jadi salah satu yang selalu teringat oleh banyak pengguna.

Namun, meski punya segudang fitur unduh menarik, program IDM tidak hadir di platform Apple MacOS. Jadi, untuk kalian yang menggunakan perangkat MacOS seperti MacBook Air, MacBook Pro, hingga iMac, kalian butuh 5 alternatif IDM untuk MacOS berikut ini:

  • Folx Free – Hadir dengan tampilan antarmuka khas MacOS

Folx Free. Foto: geckoandfly.comFolx adalah download manager yang bisa kalian unduh secara cuma-cuma untuk semua perangkat MacOS.

Kelebihan utamanya adalah memiliki antarmuka bergaya MacOS yang khas. Folx menawarkan pengelolaan unduhan yang intuitif serta pengaturan berkas berdasarkan tag yang praktis.

Jika kalian menemukan sesuatu yang ingin di unduh, Folx dapat secara otomatis menangkap URL unduhan atau mendeteksi berkas-berkas yang tersedia di satu situs untuk kamu pilih dan unduh.

Folx juga mempunyai ekstensi browser yang memiliki fungsi sama dengan program versi full-nya. Browser yang di dukung adalah: Safari, Firefox, Opera, Chrome.

  • iGetter – Jadwalkan unduhan kapan saja

iGetter. Foto: geckoandfly.comiGetter adalah pengelola unduhan untuk MacOS yang juga berfungsi sebagai akselerator kecepatan download yang memiliki fitur lengkap.

iGetter dapat meningkatkan kecepatan unduhan kalian menggunakan sistem segmentasi berkas unduhan yang membaginya menjadi beberapa bagian.

Selain itu, iGetter memiliki fitur resume otomatis pada berkas unduhan yang gagal, fitur “antrian” berkas download, browser, hingga penjadwalan unduhan di waktu yang kamu inginkan.

  • JDownloader – Bisa unduh dari situs hosting premium

JDownloader. Foto: geckoandfly.comJDownloader adalah salah satu download manager gratis terbaik untuk platform MacOS, khususnya sebab Jdownloader di kembangkan secara open-source.

JDownloader adalah pengelola unduhan yang memungkinkan pengunduhan file secara otomatis dan memecah file dari situs hosting hanya dalam beberapa klik saja. JDownloader mendukung sistem unduhan dari situs yang menerapkan akun premium.

  • Leech – Dapat beroperasi dari dock MacOS

Leech. Foto: geckoandfly.comLeech adalah pengelola unduhan berikutnya untuk perangkat MacOS kalian. Aplikasi download manager ini dibuat dengan “ringan” namun sangat bisa di andalkan untuk urusan unduh-mengunduh, tak lain karena antarmukanya yang sederhana dan dapat di jalankan melalui dock di MacOS kamu, juga terintegrasi dengan browser Safari.

  • Speed Download Lite – Terintegrasi dengan Safari

Speed Download Lite. Foto: geckoandfly.comSpeed Download Lite adalah program download manager versi “ringan” dari Speed Download 5. Meski secara fitur mengalami pengurangan, Speed Download Lite tetap bisa di andalkan untuk mengelola beragam berkas unduhan kalian di MacOS.

Berkenaan dengan antarmuka dan integrasi browser, Speed Download Lite menawarkan kinerja dan fitur intuitif yang kurang-lebih sama dengan download manager populer lainnya.

Perlu di perhatikan bahwa Internet Download Manager (IDM) adalah program berbayar yang tersedia secara gratis jika kalian mengunduh versi trial.

Versi trial ini akan berakhir dalam jangka waktu tertentu; namun jika kalian ingin mendapatkan fungsi yang serupa dengan IDM secara gratis tanpa mode trial, kalian dapat cek 5 alternatif terbaik Internet Download Manager (IDM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *