Ragam Khasiat Yang Terdapat Pada Jahe Merah Secara Ilmiah
Ragam Khasiat Yang Terdapat Pada Jahe Merah Secara Ilmiah

Ragam Khasiat Yang Terdapat Pada Jahe Merah Secara Ilmiah

Posted on

media.tanjunglegend.com Ragam Khasiat Yang Terdapat Pada Jahe Merah Secara Ilmiah. Manfaat jahe merah untuk kesehatan pada tubuh dan mengatas berbagai penyakit di kenal sejak beberapa tahun silam, berkat kandungan zat dan senyawa alami di dalamnya. Rempah-rempah yang satu ini banyak di pergunakan sebagai obat herbal alami atau tradisional.

Jahe merah merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat dan banyak tumbuh di wilayah asia khususnya, termasuk di indonesia.

Tanaman yang satu ini masih satu keluarga dengan jahe biasa, kencur, dan temi ireng. Jika di bandingkan dengan jahe biasa, jahe merah mempunyai rasa dan aroma yang sedikit lebih kuat dan pedas.

Sebagian manfaat jahe merah berasal dari kandungan minyak astiri atau minyak esensial dan senyawa bioaktip di dalamnya yang begitu beragam.

Baca juga: Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan Bulan Juli

Seperti gingerol, shogoals, dan paradols. Kandungan minyak astiri dan senyawa bioaktip dalam jahe merah ini sedikit lebih tinggi dari jahe putih.

Selain bekerja sebagai antioksidan. senyawa-senyawa bioaktf tersebut juga berperan sebagai antiradang, antibakteri, antijamur, dan antikanker. Jahe juga mengandung zat yang bisa meredakan nyeri dan demam secara alami.

Berkat khasiat yang cukup banyak, tidak heran jika jahe merah banyak di pergunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat yang terdapat pada jahe merah di dalamnya yang penting untuk kalian ketahui.

Khasiat Pada Jahe Merah

  • Menjaga kesehatan mulut

Jahe merah juga di nilai baik di konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mulut ataupun gigi. Tersebut berkat kandungan senyawa bioaktif di dalamnya yang di sebut gingerol.

Beberapa penelitain mengatakan bahwa gingerol mempunyai efek bakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa melawan virus penyebab penyakit pada mulut, terutama bakteri penyebab penyakit bakteri gusi. Jahe merah juga di percaya bisa menjadi alternatif obat sakit gigi berlubang secara tradisional.

  • Mengurangi rasa mual

Teh herbal atau jamu yang terdapat pada jahe merah telah di kenal sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Seperti sakit perut, mual, perut kembung, dan sembelit.

Selain dalam berbentuk teh herbal, ektrak jahe merah dalam bentuk suplemen herbal juga dapat membantu mengurangi rasa mual akibat kondisi tertentu.

Meskipun jahe merah aman untuk di konsumsi, khusus untuk ibu hamil ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum rutin mengkonsumsi jahe merah.

  • Meredakan nyeri haid

Selain meredakan rasa nyeri seperti yang di atas, efek antiradang pada jahe merah juga dapat membantu meredakan nyeri haid yang parah.

Bahkan. Ada riset yang menunjukan bahwa potensi manfaat jahe merah tersebut hampir sama efektifnya dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

Untuk wanita yang sering mengalami nyeri haid. Kalian dapat mencoba mengkonsumsi jamu atau teh herbal dati jahe merah selama kurang lebih 3 hari dengan dosis 2 cangkir perhari.

  • Meredakan nyeri

Mnfaat jahe merah selanjutnya iyalah. Mampu meredakan nyeri, semisalnya sakit kepala, sakit gigi, serta nyeri sendi dan otot.

Beberapa riset juga menunjukan bahwa ekstrak jahe merah bisa membantu mengurangi nyeri sendi akibat radang sendi. Manfaat tesebut di percaya berkat kandungan zat antiradang dan pereda nyeri alami yang terdapat di dalam jahe merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *