5 Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan
5 Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

5 Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Posted on

media.tanjunglegend.com5 Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan. Kembali kami akan memberikan mempahasan atau informasi terkait khasiat daun katuk yang perlu kalian ketahui seacara detail.

Untuk kalian yang penasaran dengan isi judul yang kami cantumkan di atas. Ada baiknya kalian untuk selalu menyimak pembahasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Manfaat daut katuk untuk sebagian besar sangat terkenal sebagai pelancar ASI. Itulah sebabnya, tidak sedikit ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi daun yang satu ini, selain menlancarkan ASI, ada terdapat beberapa khasiat daun katuk bagi kesehatan.

Daun katuk bisa di kenali dari ukurannya yang cukup kecil. Yang mempunyai warna yang khas yaitu hijau gelap, dan juga di sertai sorak keperakan pada bagian tengahnya.

Di indonesia. Daun katuk dapat di gunakan sebagai salah satu bahan masakan, di konsumsi langsung sebagai menu lalapan atau di konsumsi sebagai teh herbal, maupun suplemen.

Kandungan Nutrisi Daun Katuk

Daun katuk merupakan salah satu tanaman dengan kandungan nutrisi yang bervariasi yang terdapat di dalamnya seperti di bawah ini.

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Protein
  • Kalium Fosfor

daun katuk juga di ketahui mengandung baerbagai zat antioksidan seperti. Polifenol dan juga antioksidan lainnya flavonoid.

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

  • Meningkatkan produksi ASI

Produksi ASI di pengaruhi oleh hormon prolaktin dan antioksidan dan juga oksitosin. Sebuah penelitian menujukan bahwa kandungan Vitamin A dalam daun katuk bermanfaat bagi meningkatkan kadar hormon prolaktin, sehingga produksi ASI juga meningkat.

Akan tetapi. Daun katuk bukanlah salah satu cara untuk menambah ASI, untuk melancarkan produksi ASI, ibu menyusui perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup beristirahat yang cukup, dan mengurangi rasa stres.

  • Mengatasi peradangan

Peradngan merupakan respon alami alami pada tubuh terhadap infeksi atau cedera. Dan biasanya akan mereda dengan sendirinya.

Meskipun demikina. Peradangan kadang dapat berlangsung lumayan lama, kondisis tersebut dapat mengakibatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit kanker dan jantung.

Nah. Daun katuk mengandung zat antiradang yang bisa mengurangi peradangan, mengkonsumsi daun yang satu ini di percaya bisa meredakan reaksi peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh.

Daun katuk memang mempunyai beragam khasiat yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, efektivitas dan tingkat keamanan daun katuk sebagai suplemenatau obat masih perlu penelitian lebih lanjut.

  • Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukan bahwa khasiat daun katuk dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan menjaga tetap stabil. Maka dari itu, daun katuk baik di konsumsi untuk menurunkan risiko terkena diabetes.

  • Menyemnuhkan luka

Khasiatb daun katuk untuk selanjutnya iayalah mempercepat proses penyembuhan pada luka. Khasiat tersebut di dapatkan berkat kandungan antibakteri di dalam daun katuk.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun katuk di percaya bisa mempercepat regenerasi jaringan baru. Sementara itu, aktivitas antibakteri pada daun katuk ini di duga melawan bakteri yang menginfeksi luka penderita diabetes.

  • Mencegah obesitas

Obesitas iaylah salah satu masalah kesehatan yang kompleks yang terjadi ketika penderitanya mempunyai berat badab yang sangat berlebihan. Hal tersebut di akibatkan penumpukan jaringan lemak pada dalam tubuh.

Sebuah riset menunjukan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun katuk berkhasiat untuk mengurangi pembentukan jaringan lemak. Sehingga dapat mencegah obesitas.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *